MEDIA CENTRE

9 July 2015
PPIA Victoria memperkenalkan "Bincang Merdeka"


Pada tahun 2015 Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke 70. Meskipun sudah merdeka  masih banyak masalah dan tantangan yang Indonesia harus dihadapi. Sebagai warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri banyak dari kita yang kurang mengerti perkembangan ekonomi dan sosial di Indonesia, banyak juga yang ingin berkontribusi tapi tidak tahu apa opportunity yang ada di Indonesia dan bagaimana cara kita bisa membantu menyelesaikan masalah yang ada. Untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia dan menjawab pertanyaan para diaspora Indonesia di Melbourne, PPIA Victoria mengadakan forum diskusi interaktif bernama Bincang Merdeka.

Bincang Merdeka  akan diselanggarakan pada tanggal 22 Agustus 2015 yang bertempatan di Elisabeth Murdoch Hall, Melbourne Recital Centre, Southbank, dengan kapasitas penonton 1000 orang. Acara ini akan dikemas dalam  sebuah forum diskusi yang mengundang  tokoh tokoh inspiratif dari Indonesia seperti menteri pendidikan Indonesia, Bapak Anies Baswedan, Artis dan penyanyi muda Indonesia , Maudy Ayunda dan Bagus Nugroho, warga Indonesia di Melbourne yang terpilih menjadi peneliti ekspedisi ke Mars. Bincang Merdeka juga akan dipandu oleh presenter berita dari NET TV, Marissa Anita.

Tema forum diskusi Bincang Merdeka adalah Bermimpi, Bertindak, Berkarya. PPIA Victoria ingin mengajak warga Indonesia, terutama para generasi muda, untuk memiliki mimpi dan harapan yang besar tentang Indonesia, bertindak untuk mewujudkan mimpi itu dan berkarya dengan melakukan kontribusi yang nyata untuk Indonesia. Berbeda dengan acara forum diskusi lainnya, Bincang Merdeka akan menjadi forum diskusi yang sangat interaktif antara narasumber dan penonton. Bukan hanya mendengarkan, penonton juga mendapat kesempatan untuk bertanya dan  berdiskusi  secara langsung dengan para narasumber
 
Bincang Merdeka akan menjadi kesempatan untuk pelajar dan warga Indonesia yang tinggal di Australia untuk mendapatkan informasi tentang tantangan dan kesempatan - kesempatan yang ada di Indonesia secara langsung dari tokoh tokoh inspiratif dari Indonesia yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman  yang lebih tentang Indonesia. Bermacam – macam topik diskusi akan di bahas dalam acara ini, seperti pendidikan, ekonomi kreatif, kesehatan dan lain –lain.

Melalui acara ini PPIA Victoria ingin mengajak para warga Indonesia di Australia untuk merefleksikkan arti 70 tahun kemerdekaan Indonesia. Untuk mengingatkan bahwa masih ada banyak permasalahan yang dihadapi Indonesia dan sebagai warga Negara Indonesia di Australia kita bisa melihat ini sebagai kesempatan untuk para generasi muda untuk untuk turun tangan dan mengaplikasikan ilmu yang kita punya di berbagai bidang untuk menjadikan Indonesia lebih maju. Selain itu PPIA Victoria juga mengharapkan agar acara ini dapat membangkitkan rasa nasionalisme Warga Negara Indonesia untuk turun tangan langsung dalam pembangunan bangsa.