Resource Produksi Lingkar Ide PPIA

Naskah Produksi

 

 

Sebagai sebuah film dokumenter yang profesional, naskah produksi yang baik adalah kunci dari penciptaan Lingkar Ide PPIA. Secara umum ada tiga fungsi utama dari naskah produksi:

Penyaringan narasumber

Penyusunan penyampaian materi dengan baik, dan

Memastikan film tidak lebih dari 8 menit, dengan asumsi 600-700 kata dalam Bahasa Indonesia membutuhkan 7-8 menit untuk dibaca.

Template naskah produksi Lingkar Ide PPIA dapat didownload disini.

Contoh naskah produksi yang sudah jadi (Episode 1: Bagus Nugroho) dapat didownload disini.

Tim Produksi dan Pasca-Produksi

 

 

Secara umum, Lingkar Ide PPIA didesain sebagai produksi yang ultra low budget, dengan staffing yang minimal. Pada umumnya, sebuah episode Lingkar Ide PPIA hanya membutuhkan 3 orang kru produksi, yang terdiri dari: juru kamera, juru suara (audio) dan pengarah materi /script master.

Perihal peralatan, untuk kamera, kami menggunakan Nikon D90 atau kamera D-SLR lain yang memiliki fitur rekaman video HD. Untuk audio, kami menggunakan Zoom H4n, dan tambahan boomer + shotgun microphone apabila diperlukan.

Editing

Di PPIA Victoria, kami mengedit menggunakan Final Cut Express. Hal yang penting untuk diperhatikan pada proses editing adalah requirement yang diberikan dari stasiun televisi, yaitu: audio level yang konstan (diantara -12 sampai -6 desibel), TV safe area, brightness level yang tidak melebihi 100% IRE. Oh ya, tidak lupa, format video minimal 720p HD.

Soundtrack

Seperti penggunaan gambar, Lingkar Ide PPIA hanya dapat menggunakan BGM (background music) / lagu yang bebas royalti, gratis dan libre. Oleh sebab itu, kami (seperti halnya banyak rumah produksi lainnya) menggunakan Garageband (loops) untuk mengisi soundtrack Lingkar Ide PPIA, dan repositori lagu dengan lisensi Creative Commons dibawah ini:

http://live.freeplaymusic.com

http://freemusicarchive.com

http://ccmixter.com

http://audiofarm.org

http://incompetech.com/m/c/royalty-free/

Subtitling

Untuk subtitling / closed captioning, kami mengikuti panduan CC dari YouTube yang dapat ditemukan disini. Dengan mengikuti panduan ini, kami dapat menampilkan Lingkar Ide PPIA dalam berbagai puluhan bahasa (Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman bahkan Mandarin) sesuai dengan fitur auto translate yang dimiliki oleh YouTube.

 

Template-Template Produksi

Lingkar Ide PPIA menggunakan font Sketch Rockwell. Font ini dapat anda download disini.

Lalu, kami menggunakan aplikasi presentasi Keynote di Mac OS untuk membuat judul-judul Lingkar Ide PPIA. File Keynote yang kami gunakan dapat anda download disini.