Menimba Ilmu di Jepang

Jepang, salah satu negara favorit tujuan para pecinta ilmu pengetahuan dari Tanah Air, terutama di bidang sains dan teknologi. Tohoku University sendiri merupakan salah satu kampus level dunia untuk bidang kajian ilmu fisika, material dan ilmu kebumian. Saya kini tergabung di bidang kajian ilmu geo-lingkungan, departemen ilmu bumi, sekolah tinggi sains.

Pada awalnya saya membaca brosur mengenai program IGPAS (International Graduate Program in Advance Science) yang saya dapat dari website resmi universitas, sementara informasi mengenai adanya program ini saya baca setelah mencari-cari di internet mengenai program international yang dibuka di universitas-universitas di Jepang dan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliahnya... (baca selengkapnya)

Belajar dan Hidup di Turki: Tentang Turki

Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya sampai daerah Balkan di Eropa Tenggara.

Dengan belajar di luar negeri, selain pengalaman, wawasan global dan wawasan yang lebih luas akan didapat seseorang. Namun, akan menjadi sebuah mimpi buruk jika niat untuk belajar di luar negeri tidak diimbangi dengan informasi dan persiapan untuk bekal ke negara tujuan… (baca selengkapnya)

Belajar di Negeri Ali Jinnah: Sepintas Pakistan

Negara berbentuk Republik Islam yang terletak di Asia Selatan ini beribukota di Islamabad. Ia memiliki empat provinsi: Balochistan dengan ibukota Quetta, Khyber Pakhtunkhuwa beribukota Peshawar, Punjab yang ibukotanya adalah Lahore dan Sindh dengan Karachi sebagai ibukotanya.

Nama “Pakistan” sendiri memiliki makna “Tanah yang  murni”, diambil dari olahan bahasa Urdu dan Persia. Nama ini awalnya diusung oleh Chaudry Rahmat Ali, seorang aktivis gerakan pembebasan Pakistan dari India pada tahun 1934... (baca selengkapnya)

Belajar di Rusia: Restu Ibu Lebih Sulit Ketimbang Tes Beasiswa

Dalam buku Golden Words by Dato’ Seri H. Syamsul Arifin SE, Gubernur Sumatera Utara 2008-2013, ada kata bijak yang dapat saya kutip: “Emak bagi saya adalah sumber kekuatan potensi do’a dan cita-cita. Anda tidak ada apa-apa jika tidak ada Allah dan orang tua. Anak yang berbakti kepada Allah adalah anak yang juga berusaha untuk membuat orang tua menjalani hidup bahagia. Anak yang membuat orang tua bahagia selalu ingin menjaga keutuhan keluarga bahagia dan sering  menerima berkat serta pertolongan dari Allah”.  
Saya meyakini restu Ibu adalah ridho Allah dan keberangkatan saya ini semua karena Allah. Sekitar setahun yang lalu semangat saya hampir pudar tuk meraih mimpi melanjutkan kuliah master di Russia karena restu ibu yang sulit saya raih. Ibu mulai diam seribu bahasa sebagai sikap protesnya saat tahu saya ikut program beasiswa Russia, ibu melarang keras saya pergi... (baca selengkapnya)