Divisi Pendidikan, Sosial dan Budaya

Visi: Memberikan wadah bagi warga Negara Indonesia untuk dapat berperan aktif dalam kemajuan Indonesia di bidang pendidikan, sosial dan budaya baik di dalam maupun luar negeri.

Misi: 

1. Menjalin kerjasama dengan komunitas Indonesia di Victoria dan komunitas warga lndonesia

2. Menumbuhkan kesadaran di kalangan pelajar Indonesia tentang pentingnya berkontribusi untuk Indonesia.

 3. Menumbuhkan pola pikir kritis di kalangan pelajar Indonesia demi memecahkan masalah yang terjadi di Indonesia.

4. Menumbuhkan jiwa sosial pelajar Indonesia.

5. Meningkatkan kesadaran pelajar Indonesia mengenai isu-isu sosial yang terjadi di Indonesia.

6. Memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga lokal di Victoria.

 

Pendidikan:

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional kebanggaan yang dimiliki dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, Bahasa Indonesia sudah bukan lagi bahasa yang asing di luar negeri, terutama di Australia. Dengan pesatnya pengaruh globalisasi serta kerjasama antar negara, khususnya antara Indonesia dan Australia, masyarakat Australia telah menganggap Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang perlu mereka kuasai. Hal ini terbukti dengan diajarkannya mata pelajaran Bahasa Indonesia di beberapa sekolah di Australia mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas sebagai mata pelajaran pilihan, bahkan ada juga beberapa Taman Kanak-Kanak yang sudah mulai mengenalkan Bahasa Indonesia kepada siswanya. Oleh karena itu, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa yang cukup dikenal di kalangan masyarakat Australia.

Bahasa Indonesia adalah bahasa ibu dari bangsa Indonesia, termasuk para pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Australia. Dalam bidang pendidikan, kami akan menyediakan sarana bagi para pelajar Indonesia di Australia untuk ikut serta mengajarkan dan memperkenalkan bahasa kebanggaan Indonesia kepada para siswa-siswi di sekolah-sekolah di Australia, khususnya di Victoria.

 

Program Kerja:

1.     IKAN ( Ikatan Australia - Nusantara )

IKAN adalah sebuah program dimana sukarelawan yang terdiri dari mahasiswa Indonesia yang belajar di Australia ikut berpartisipasi untuk menjadi narasumber dalam proses pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah yang berada di kawasan negara bagian Victoria. Dalam kegiatan ini, para guru Bahasa Indonesia  akan menghubungi pihak PPIA Victoria (Divisi Pendidikan sosial dan Budaya) saat mereka membutuhkan tenaga sukarelawan untuk membantu mereka baik dalam kegiatan belajar mengajar, maupun menjadi narasumber dalam kegiatan mereka. Peran kami disini, adalah sebagai penghubung antara guru-guru Bahasa Indonesia dengan para pelajar Indonesia. Sehingga, ketika guru-guru Bahasa Indonesia membutuhkan bantuan dari para sukarelawan, kami akan menginformasikan acara tersebut kepada para sukarelawan yang sudah terdaftar sebelumnya agar mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tesebut.

 

Proses pengajaran dan kegiatan IKAN ini juga akan didokumentasikan dalam bentuk video yang kemudian akan dipublikasikan lewat website PPIA Victoria maupun akun sosial media PPIA Victoria. Dokumentasi ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana program IKAN dilaksanakan. Video ini juga bermaksud untuk menumbuhkan rasa kebanggan pelajar Indonesia akan bahasa Indonesia dan menarik lebih banyak pelajar Indonesia di Australia untuk ikut bergabung dalam kegiatan IKAN.



Sosial:

 Sudah saatnya bagi para pelajar dan juga masyarakat Indonesia di Victoria untuk peduli akan sesama. Banyak sekali organisasi-organisasi non-profit di Victoria yang membutuhkan kontribusi pelajar dan juga masyarakat dalam bentuk tenaga kerja untuk menyediakan konsumsi atau menyelenggarakan penggalangan dana bagi mereka yang membutuhkan. PPIA Victoria menyediakan sarana dan mengajak semua masyarakat Indonesia, baik yang masih menimba ilmu maupun yang sudah bekerja dan menetap di Victoria, untuk memberikan sebagian waktu dan tenaganya dalam kegiatan amal maupun bakti sosial untuk dapat memberikan bantuan bagi orang-orang yang membutuhkan. Selain ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial, kami juga berencana untuk menampilkan beberapa video yang mengangkat tema isu-isu sosial di website PPIA Victoria maupun di akun sosial media PPIA Victoria seperti youtube.

 

Program Kerja:

1. Bakti sosial

Ada beberapa organisasi sosial non-profit di Victoria yang memang bergerak untuk menyelenggarakana acara amal bagi orang-orang yang kurang mampu. Acara amal ini dapat berbentuk seperti acara penggalangan dana, yaitu acara dimana masyarakat dapat menyumbangkan beberapa kebutuhan pokok baik sandang maupun pangan. Peran kami disini adalah ikut mendukung kegiatan-kegiatan sosial tersebut serta memberikan wadah untuk masyarakat agar mereka dapat memberikan kontribusi nyata sebagai sukarelawan dalam acara-acara tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan serta meningkatkan jiwa sosial dikalangan pelajar dan masyarakat Indonesia.

 

Acara-acara amal ini pun akan didokumentasikan dan ditampilkan di website maupun media sosial dari PPIA Victoria untuk menambah wawasan dan kesadaran semua pelajar maupun masyarakat Indonesia di Victoria. PPIA Victoria akan mencari organisasi yang selaras dengan Visi dan Misi dari PPIA dan juga organisasi yang membutuhkan kontribusi.

 

2. Video Tentang Isu Sosial di Indonesia

Di Indonesia, banyak terdapat isu-isu di bidang sosial seperti ketidakadilan bagi rakyat miskin maupun kerusuhan yang terjadi di kota-kota di Indonesia. Banyak juga dari masyarakat Indonesia di Victoria tidak mengetahui tentang isu-isu tersebut. PPIA Victoria ingin meningkatkan kesadaran para pelajar dan juga seluruh masyarakat Indonesia di Victoria akan isu-isu sosial yang seringkali terjadi di Indonesia. Hal ini akan kita kemas dalam bentuk video yang akan ditayangkan melalui media sosial dan website PPIA Victoria. Video yang ditampilkan akan diunduh atau disebarkan dari Youtube atau media video lainnya. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran maupun menginspirasi tiap-tiap individu untuk turut peduli akan keadaan sosial di Indonesia . Sehingga para pelajar dan seluruh masyarakat Indonesia di Victoria akan mampu memberikan solusi untuk Indonesia yang diharapkan pula nantinya dapat kita terapkan untuk kemajuan Indonesia.

 

Budaya:

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Banyaknya budaya yang terbagi-bagi dari sabang sampai merauke membuat masyarakat lokal di Australia pun tertarik untuk mempelajari dan mendalami budaya-budaya tersebut. Namun demikian, masih banyak budaya khas yang mungkin belum tersentuh dan belum banyak diketahui oleh khalayak ramai. Oleh karena itu, PPIA Victoria ingin menyediakan sarana konkrit dan nyata bagi masyarakat Indonesia maupun lokal untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya budaya yang indah dan berlimpah di Indonesia, mempelajari lebih dalam akan budaya Indonesia tersebut dan juga menambah ilmu keterampilan tiap-tiap individu dalam bidang seni.

 

Program Kerja:

1. Workshop Budaya

Banyak budaya Indonesia yang sudah dipertunjukkan dan dikenalkan kepada masyarakat lokal di Victoria seperti tarian daerah Bali, Saman, Angklung dan Gamelan. Namun kami merasa bahwa masih ada budaya Indonesia yang menarik untuk didalami dan kurang mendapat perhatian dari masyarakat lokal maupun dari masyarakat Indonesia di Victoria. Oleh karena itu, PPIA Victoria ingin mengadakan workshop dimana terdapat pertunjukkan dari beberapa budaya Indonesia yang masih belum terekspos di Victoria. Di dalam workshop ini, partisipan akan dikenalkan lebih dalam kepada budaya Indonesia tersebut. Partisipan akan diajar oleh pengajar yang telah berpengalaman. Para partisipan yang mengikuti program ini pun mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pengalaman serta mendapatkan suatu keahilan baru di bidang seni. PPIA Victoria pun berencana untuk menyediakan pagelaran bagi para partisipan yang tertarik untuk mempertunjukan hasil latihan mereka. Workshop ini pun akan didokumentasikan sebagai bukti bagi para partisipan yang telah mengikuti program yang diselenggarakan secara berkala selama 4 bulan dan juga sebagai wacana bagi masyarakat Indonesia maupun lokal lainnya yang memang tertarik untuk menilik budaya-budaya yang diperkenalkan namun tidak dapat menghadiri workshop tersebut.

 

2. Video Kebudayaan Indonesia

Indonesia mempunyai banyak organisasi yang mendukung dan bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Dalam pembuatan video ini, PPIA Victoria akan bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang menggeluti bidang yang berhubungan dengan budaya Indonesia untuk membuat dan mempublikasikan karya mereka di website PPIA Victoria. Tujuan dari video ini adalah untuk mengenalkan budaya Indonesia baik itu kepada masyarakat internasional maupun masyarakat Indonesia sendiri, khususnya pelajar Indonesia di Australia.