Kemeriahan Perayaan Australia Day di Melbourne!

By Halida Nabilla Salfa

Melbourne, VIC – Australia Day (26/1) merupakan hari yang dirayakan oleh masyarakat yang berdomisili di Australia untuk memperingati pendaratan pertama bangsa Inggris di Port Jackson, New South Wales. Dalam perkembangannya di masa dewasa ini, Australia Day dirayakan dengan cara menonjolkan keberagaman budaya dan ras yang merupakan ciri khas kehidupan masyarakat di Australia. Tahun ini, perayaan Australia Day di wilayah Victoria yang berlangsung dari pukul 10.30am hingga 09.45pm ini berpusat di beberapa area seperti di sepanjang area Swanston street hingga Kings Domain Gardens, Dockland dan juga Government House.

Rangkaian perayaan Australia Day dimulai dengan upacara pengibaran bendera Australia di Melbourne Town Hall. Proses pengibaran dilakukan oleh angkatan darat dan laut militer Australia dan diiringi pertunjukkan drum-band oleh angkatan udara militer Australia.

(Upacara pengibaran bendera oleh angkatan laut militer Australia)

(Upacara pengibaran bendera oleh angkatan laut militer Australia)

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan parade budaya yang diikuti oleh lebih dari 100 organisasi masyarakat di Melbourne yang berasal dari berbagai macam negara; Cina, Thailand, India, Macedonia dan juga Indonesia. Tidak hanya komunitas budaya, pawai ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari komunitas hobi dan gaya hidup yang menawarkan keunikan masing-masing seperti, komunitas cosplay, sepeda antik ataupun skateboard.

Seperti dikutip dari kantor berita ABC, Gubernur Victoria, Linda Dessau, mengatakan bahwa Australia Day adalah hari yang dapat dirayakan oleh semua orang di Australia dengan cara dan budaya masing-masing. Terlebih, Linda Dessau juga mengajak segenap komunitas yang ada di Victoria untuk berpartisipasi dan menyemarakkan acara tahunan ini. Pawai yang melintasi Swanston Street ini berlangsung sangat meriah dan berhasil menunjukkan kerukunan hidup dalam tingkat keberagaman yang sangat kompleks dan luas di antara masyarakat Victoria.

 

(Keceriaan komunitas Indonesia di parade Australia Day)

(Keceriaan komunitas Indonesia di parade Australia Day)

(Tarian tradisional Indonesia di Parade Australia Day)

(Tarian tradisional Indonesia di Parade Australia Day)

Seusai pawai budaya, pemerintah Victoria menawarkan fasilitas open house di area Government House. Pengunjung open house dapat menyaksikan keindahan desain interior sembari mempelajari sejarah kota Victoria. Selain itu, masyarakat yang datang untuk merayakan Australia Day juga disuguhkan atraksi akrobatik dari Angkatan Udara militer Australia yang menghiasi langit kota Melbourne siang itu. Akhirnya, perayaan Australia Day ditutup dengan pesta kembang api di area Dockland pada malam itu.

 

(Dining Hall, Government House)

(Dining Hall, Government House)

(Salah satu sudut di Government House).  

(Salah satu sudut di Government House).