Belajar dalam Tawa di Temu Lawak 2016

Menyambut datangnya hari kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia yang akan jatuh pada tanggal 17 Agustus 2016 esok, Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia di Victoria (PPIA Victoria) akan menggelar sebuah drama komedi untuk memeriahkan hari lahir Republik Indonesia. Drama komedi yang bertajuk Temu Lawak ini, merupakan sebuah singkatan dari Teater Muda Langkah Awal Kemerdekaan. Sesuai dengan namanya, tema yang diusung dalam acara ini adalah topik mengenai kemerdekaan di mata para generasi muda bangsa Indonesia. Walau mengambil tema yang cukup serius, namun acara ini akan dikemas dengan penuh banyolan dan komedi yang mendidik dan akan mampu menghangatkan suasana di tengah-tengah musim dingin di kota Melbourne.

Acara Temu Lawak 2016 akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2016, bertempat di Athenaeum Theater, 188 Collins St. Melbourne, VIC 3000, pintu akan mulai dibuka pukul 2 siang waktu setempat. Selain itu, acara ini juga telah didesain secara matang dan memiliki banyak unsur yang familiar bagi anak muda saat ini, khususnya yang sedang menetap ataupun berada di Melbourne ketika acara berlangsung. Tiket sudah dapat dibeli melalui facebook PPIA VICTORIA atau di www.ppia-vic.org dengan harga $15 per-orang.

Berangkat dari keprihatinan terhadap kurang tinggi dan meratanya rasa cinta tanah air para pemuda Indonesia terhadap tanah kelahirannya, maka digagaslah acara Temu Lawak ini untuk membahas topik hangat tersebut di atas panggung. Drama komedi ini merupakan serratus persen karya anak bangsa dimana para pemain dan aktor di balik panggungnya merupakan mahasiswa dan mahasiswi Indonesia di Australia. Selain menampilkan drama komedi, Temu Lawak juga akan menghadirkan tari-tarian tradisional Indonesia serta penampilan musik tradisional Indonesia yang akan dibawakan oleh para komunitas Indonesia yang ada di Melbourne.

Terlebih, acara Temu Lawak 2016 juga akan kedatangan tamu spesial, yakni salah seorang figur multitalent asal Indonesia, Pandji Pragiwaksono. Selain terkenal akan bakatnya sebagai MC dan rapper kawakan, kini Pandji akan menghibur para penonton dengan keahliannya untuk melakukan stand-up comedy. Selain tampil di Melbourne, Pandji kini juga tengah melakukan tur dunia stand-up comedy dimana ia akan mengunjungi beberapa negara lain dalam waktu dekat. Oleh karena itu, penampilan dari Pandji ini akan sangat sayang untuk dilewatkan.     

Setelah menyaksikan drama komedi Temulawak, diharapkan bahwa acara ini bisa menjadi arena pembelajaran bagi seluruh elemen yang terlibat untuk bersama-sama meningkatkan rasa kecintaan dan kebanggaan kita terhadap identitas kita sebagai bangsa Indonesia, dan juga kebanggaan kita terhadap warisan kekayaan alami dan budaya yang telah dibangun dengan susah payah oleh para leluhur kita.

Salah satu Project Manager Temu Lawak, Regina Suwono berujar bahwa “acara ini juga sekiranya bisa melecut semangat perubahan didalam jiwa para pemuda Indonesia untuk lebih berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia kedepannya, karena di tangan para pemudalah cita-cita bangsa Indonesia akan digantungkan kelak”. Akhir kata, kami mengajak segenap masyarakat Indonesia yang ada di Australia, khususnya para pemuda-pemudi, untuk menyemarakkan dan mensukseskan acara ini karena dengan kedatangan dan kontribusi saudara-saudari, acara ini akan lebih bermakna. Salam PPIA!